• (Slider 1) Judul Seminar Anda


    "Event Ads Promo", Anda Dapat Mengganti Kata-Kata Ini Dengan Kata-Kata Anda dan Gambar di Samping dengan Gambar Anda, Harga Rp 12.500 per 1 hari dan Event Anda Kami Ulas di Artikel, Sehingga Tombol "Lihat Detail" diklik Akan Mengarah ke Informasi Event

  • (Slider 2) Judul Seminar Anda Ganti


    "Event Ads Promo", Anda Dapat Mengganti Kata-Kata Ini Dengan Kata-Kata Anda dan Gambar di Samping dengan Gambar Anda, Harga Rp 12.500 per 1 hari dan Event Anda Kami Ulas di Artikel, Sehingga Tombol "Lihat Detail" diklik Akan Mengarah ke Informasi Event

  • (Slider 3) Judul Seminar Anda


    "Event Ads Promo", Anda Dapat Mengganti Kata-Kata Ini Dengan Kata-Kata Anda dan Gambar di Samping dengan Gambar Anda, Harga Rp 10.000 per 1 hari dan Event Anda Kami Ulas di Artikel, Sehingga Tombol "Lihat Detail" diklik Akan Mengarah ke Informasi Event

Prinsip Prinsip Etika Bisnis dan Penerapannya


Generic placeholder thumbnail
Generic placeholder thumbnail
Generic placeholder thumbnail
Generic placeholder thumbnail

Image Blog




Dalam dunia bisnis, etika memiliki peran penting dalam perjalanan organisasi bisnis, baik dalam tindakan, keputusan, dan perilaku pemangku kepentingan bisnis. Setiap tindakan, keputusan, dan perilaku pemangku kepentingan bisnis akan diukur menggunakan parameter etika. baik dalam keputusan, tindakan dan perilaku telah sesuai dengan kadar etika yang telah digariskan oleh pendiri perusahaan maupun regulator dalam hal ini yaitu pemerintah.

 

Etika Bisnis merupakan patokan yang mengukur baik dan buruk dalam tindakan yang diambil dalam dunia bisnis. Namun dalam perkembangannya etika bisnis tidak bersifat pasti karena pada umumnya etika bisnis bisa berubah sesuai dengan tuntutan kebutuhan dalam dunia bisnis, dan dalam perkembangannya etika bisnis memerlukan norma atau prinsip dasar sebagai landasan pokok agar etika bisnis tersebut dapat berjalan secara efektif.

 

Prinsip Etika Bisnis pun dipengaruhi karena lingkungan bisnis. Perubahan lingkungan bisnis yang terjadi begitu pesat pun sudah menggeser paradigma bisnis tradisional yang berfokus pada keuntungan yang menjadi terarah pada bisnis yang tidak bertanggung-jawab. Masyarakat dan konsumen secara umum memberikan penilaian lebih terhadap produsen yang menjalankan bisnis secara etika dibandingkan dengan yang hanya mengejar keuntungan semata.

 

Etika mempunyai konsep pemahaman berdasarkan landasan 5 isu umum yaitu :

- Praktek Suap

- Praktek Pemaksaan (dengan kekuatan / tangan / ancaman)

- Tipuan Manipulasi (Deception)

- Pencurian (Mengambil yang bukan haknya)

- Perlakuan yang Tidak Adil

 

 

Dalam menerapkan etika bisnis, terdapat prinsip-prinsip umum yang menjadi norma utama bagi setiap pelaku bisnis, meskipun para ahli bisnis memiliki masing-masing pendapat dalam prinsip etika bisnis, setidaknya ada beberapa hal yaitu :

- Kejujuran

Kejujuran merupakan kunci keberhasilan yang pasti dimiliki oleh para pelaku bisnis dalam mempertahankan bisnisnya dalam jangka panjang

- Keadilan

Prinsip ini menuntut agar setiap orang diperlakukan sesuai porsi yang menjadi haknya, sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai dengan kriteria rasional objektif yang dapat dipertanggungjawabkan atau sesederhanya prinsip keadilan adalah prinsip yang tidak merugikan hak dan kepentingan orang lain.

- Kewajaran

Kewajaran adalah keseimbangan antara biaya jika dibandingkan dengan manfaat yang saling dipertukakan. Secara khusus disebut cost-benefit-analysis yang merupakan hal umum yang sering digunakan untuk menera etis tidaknya keputusan sesuai etika.

- Menaati Aturan

Meskipun adanya beberapa perilaku bisnis bahkan yang tidak melanggar hukum dapat memiliki konsekuensi yang merugikan, oleh karena itu perlunya bisnis yang bertanggung jawab dan memenuhi hukum.

- Memelihara Janji

Bisnis yang bertanggung jawab selalu beroperasi dengan keterusterangan, kejujuran, dan transparasi, dalam membuat janji-janjinya ditepati.

- Kesetiaan

  


Dibaca : 134 Kali


Search Artikel


 


Sidebar







© Copyright Toko Richard, Website Development by Richard